Inilah Satu-Satunya Imam Besar Masjidil Haram Asal Indonesia

Posted by Akurat News on 5:54:00 AM


AKURAT NEWS - Masjidil Haram, Mekkah, memiliki sejarah istimewa bagi seluruh umat muslim di dunia. Mesjid tersebut salah satu saksi bisu terjadinya Isra Mi'raj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Namun siapa sangka salah satu warga Indonesia asal Padang pernah menjadi Imam Besar mesjid yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam.

Syaikh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi Rahimahullah yang menjadi satu-satunya warga Indonesia yang pernah menjadi Imam Besar di Masjidil Haram. Ia berwenang untuk memberikan fatwa pada umat islam pada akhir abad ke-19. Imam Besar yang biasa dipanggil Syeikh Khatib ini lahir di Sumatra Barat, 26 Juni 1860.


Syaikh Khatib meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke Makkah, untuk menuntut ilmu pada umur 9 tahun. Ia berguru kepada beberapa ulama yang cukup ternama disana. Syaikh Khatib yang dikenal seorang yang alim dijadikan mufti di Makkah, dan memiliki majelis ilmu di tiang tengah Masjidil Haram pada waktu itu.

Setiap hari ratusan ribu umat muslim mendatanginya untuk meminta fatwa dan diajarkan ilmu fiqih Syafi'iyah, dan dua diantaranya adal Hadratus Syaikh Kyai hasyim Asy'ari yang merupakan pendiri organisasi Nahdatul Ulama, dan Kyai Ahmad Dahlan, pendiri pertama organisasi Muhammadiyah.


Sekain menguasai ilmu fiqih Syafi'i, Syaikh Khatib juga menguasai sejarah, astronomi islam, aljabar, serta geometri. Saat berusia 6 tahun Syaikh Khatib sudah khatam dan hafal Alquran 30 Juz, ia belajar agama dari ayahnya sendiri yakni Syeikh Abdul Latif.

Imam Besar Masjidil Haram ini meninggal pada hari senin tanggal 13 Maret 1916 atau 8 Jumadil Awal 1334 Hijriah di Mekkah. Hingga sekarang namanya harum dikalangan pemuka agama, karena telah melahirkan banyak ulama besar khususnya di Indonesia yang sekarang memiliki pengaruh yang cukup kuat. (ar)

Demikianlah Artikel Inilah Satu-Satunya Imam Besar Masjidil Haram Asal Indonesia

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Inilah Satu-Satunya Imam Besar Masjidil Haram Asal Indonesia, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Satu-Satunya Imam Besar Masjidil Haram Asal Indonesia dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/inilah-satu-satunya-imam-besar-masjidil.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 5:54:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News