Ingin Gali Sumur, Warga Morosi Temukan Sumur Gas

Posted by Akurat News on 6:00:00 AM


AKURAT NEWS, Kendari - Masyarakat  Desa Paku Kecamatan Morosi dibuat heboh akibat penemuan sumur gas di desanya Kamis (19/1/2017).  Penemuan sumur gas tersebut berawal dari salah seorang warga Desa Paku bernama Maula (61) yang berkeinginan menggali sumur bor dipekarangan rumahnya. Dengan menggunakan jasa penggali sumur bor yang bernama Daeng Naba, penggalian sumur di sekitar kediaman wanita berusia lanjut itu pun dimulai pada hari Senin (16/1/2017) lalu.


Setelah dilakukan penggalian selama empat hari pada kedalaman 25 meter, Daeng Naba Cs mulai menemukan tanda akan adanya air. “Awalnya pada kedalaman 25 meter kami mendapatkan batuan warna putih, setelah itu kami dapatkan air” ujar Daeng Naba kepada tim redaksi di lokasi kejadian, Jumat (20/1/2017). Lanjut Naba, setelah pihaknya  mendapatkan air tersebut, Daeng Naba memerintahkan pekerjanya untuk menghentikan pengeboran dan selanjutnya mengalirkan air hasil pengeboran untuk proses penjernihan. Kata Daeng Naba, setelah air tersebut mengalir sekitar 15 menit secara tiba-tiba aliran air terhenti.


“Aliran air berhenti, lalu keluar bau yang tidak sedap seperti bau gas” kata Daeng Naba lagi. Oleh Daeng Naba Cs yang disaksikan warga sekitar, bau yang keluar dari pipa pembuangan tersebut   dipantik dengan korek api untuk mengetes penemuan mereka. “Kami tes pakai korek api dan ternyata menyala” imbuhnya.

Upaya pengetesan Daeng Naba dan warga tidak berhenti, selanjutnya mereka menyiapkan panci untuk memasak air dari semburan gas tersebut. Setelah memastikan bahwa semburan tersebut  adalah gas, Warga kemudian melaporkan kepada pemerintah setempat. Kini lokasi pengeboran air tersebut telah di beri garis polisi untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. “Yang tidak berkepentingan dilarang masuk. Kami saat ini menunggu tim dari Dinas Pertambangan dan Energi” ujar salah seorang warga.

Maula pemilik rumah bersama Babinsa Desa Paku Serma Amrin
Senada dengan itu, Sora salah seorang warga Desa  Paku kepada Media ini mengatakan, dirinya tidak merasa aneh dengan kejadian itu. Kata dia hal itu disebabkan karena berdasarkan pengalamannya saat melakukan penggalian sumur beberapa tahun lalu, dirinya sering kali mendapatkan bau menyengat. “Kalau sudah kita gali 8 meter, kita sudah dapatkan bau seperti itu” akunya. Namun kata dia, dirinya belum terpikir kalau bau seperti itu merupakan bau gas yang dapat dimanfaatkan sebagai  sumber energi. Sementara itu hingga berita ini ditayangkan, Dinas Pertambangan dan Sumber Daya Mineral Sultra belum dapat dikonfirmasi. (pb)

Demikianlah Artikel Ingin Gali Sumur, Warga Morosi Temukan Sumur Gas

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Ingin Gali Sumur, Warga Morosi Temukan Sumur Gas, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ingin Gali Sumur, Warga Morosi Temukan Sumur Gas dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/ingin-gali-sumur-warga-morosi-temukan.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 6:00:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News