Bawaslu: Puluhan Ribu NIK KTP di DKI Jakarta Bermasalah, Sebanyak 2.306 Salah Jenis Kelamin

Posted by Akurat News on 9:55:00 PM


POSMETRO INFO - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI, Mimah Susanti mengemukakan, Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Pilgub DKI bermasalah. Berdasarkan temuan Bawaslu, terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terindikasi invalid sebanyak 32.647, dan NIK tidak sinkron dengan jenis kelamin sebanyak 2.306.

Angka tersebut, didapatkan dari hasil analisa dan verifikasi faktual DP4 yang belum disinkronkan sebanyak 7.439.149 se-Jakarta. Kemungkinan, besar jumlah data invalid DP4 akan bertambah dikarenakan saat ini masih data awal. Sebab, hasil sinkronisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI menjadi 8.243.651.

Mimah Susanti mengungkapkan, sebelum melakukan verifikasi faktual ke lapangan, saat ini berdasarkan DP4 Pilgub  DKI 2017, yang diberikan oleh Bawaslu Pusat. Sebab, pihaknya sudah berkirim surat secara resmi sebanyak tiga kali ke KPU DKI guna meminta DP4 by nama dan by address namun hingga kini tak kunjung diberikan.

"Ya akhirnya, kami minta ke Bawaslu Pusat. Hasil ini sedikit hanya 0,2 persen data yang belum invalid," kata Mimah di Jakarta, Minggu (28/8/2016).

Mantan aktivis PMII itu berkeyakinan, data invalid akan meningkat setelah dilakukan sinkronisasi oleh KPU DKI. Sebab, ada kenaikan menjadi  8.243.651 juta, dari sebelumnya DP4 hanya 7.439.149. "Kami sangat berharap, KPU DKI buka data yang 8,2 jutaan itu ke kami atau publik. Dan Dukcapil DKI juga beritahu masalah E-KTP," bebernya.

Apresiasi

Komisioner KPU DKI Betty Epsilon Idroos mengapresiasi, kerja Bawaslu DKI yang sudah membantu melakukan pendataan pemilih. Nantinya, kata dia, dalam waktu dekat KPU akan mengudang untuk koordinasi. "Bagus dong. Nanti, kami lihat hasilnya," jelasnya.

Sementara terkait DP4 hasil sinkronisasi belum dibuka, karena masih tahap proses PDF. Nantinya, lanjut dia, setelah rapi langsung diberikan ke seluruh pihak terkait Pilgub DKI 2017. "Sabar, kami akan buka," tandasnya. [hanter]

Demikianlah Artikel Bawaslu: Puluhan Ribu NIK KTP di DKI Jakarta Bermasalah, Sebanyak 2.306 Salah Jenis Kelamin

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Bawaslu: Puluhan Ribu NIK KTP di DKI Jakarta Bermasalah, Sebanyak 2.306 Salah Jenis Kelamin, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bawaslu: Puluhan Ribu NIK KTP di DKI Jakarta Bermasalah, Sebanyak 2.306 Salah Jenis Kelamin dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/08/bawaslu-puluhan-ribu-nik-ktp-di-dki.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 9:55:00 PM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News