Harga BBM Naik, Penjarahan Melanda Toko-toko di Meksiko

Posted by Akurat News on 2:52:00 AM


AKURAT NEWS - Penjarahan terjadi di sejumlah toko di Meksiko, seiring berlangsungnya aksi-aksi demo untuk memprotes kenaikan harga bahan bakar minyak. Otoritas pun menahan lebih dari 100 orang.

Warga Meksiko telah menggelar aksi-aksi demo sejak pemerintah menaikkan harga BBM sebesar 20,1 persen pada 1 Januari lalu. Aksi warga tersebut telah menimbulkan kemacetan di jalan-jalan raya. Aksi-aksi vandalisme dan penjarahan juga marak terjadi. Hal itu mendorong Menteri Dalam Negeri Meksiko Miguel Angel Osorio Chong memerintahkan Komisi Keamanan Nasional untuk mendukung otoritas lokal.

Pemerintahan negara bagian Mexico yang melingkupi ibukota Mexico City, menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (5/1/2017), bahwa 161 orang telah ditahan atas berbagai aksi vandalisme dan penjarahan di toko-toko di enam wilayah. Di Mexico City sendiri, sekitar 20 orang ditangkap setelah sejumlah toko dijarah pada Rabu, 4 Januari waktu setempat.

"Beberapa kelompok massa telah memanfaatkan situasi dengan melakukan pencurian dan aksi-aksi vandalisme dengan dalih untuk memprotes liberalisasi harga bensin," demikian statemen pemerintah negara bagian Mexico.

Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto membela kenaikan harga BBM tersebut. Dikatakannya, kenaikan tersebut diperlukan mengingat adanya lonjakan harga minyak global.

"Saya memahami kekesalan dan kemarahan di kalangan penduduk secara umum," ujar Nieto seraya menambahkan, bahwa tidak menaikkan harga BBM justru akan lebih mempersulit perekonomian. (dtk)

Demikianlah Artikel Harga BBM Naik, Penjarahan Melanda Toko-toko di Meksiko

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Harga BBM Naik, Penjarahan Melanda Toko-toko di Meksiko, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Harga BBM Naik, Penjarahan Melanda Toko-toko di Meksiko dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/harga-bbm-naik-penjarahan-melanda-toko.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 2:52:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News