Berlanjut, Plesetkan Pancasila, Kerja Sama Pendidikan RI-Australia Disetop!

Posted by Akurat News on 2:54:00 AM


AKURAT NEWS -  Menko Polhukam Wiranto menyebut insiden penghinaan lambang negara berimbas penghentian sementara kerja sama bidang pendidikan dengan Australia. Pendidikan pelatihan bahasa di markas militer Perth akan dilanjutkan setelah investigasi oleh militer Australia diselesaikan.

Wiranto menyebut keputusan menghentikan sementara pusat pelatihan bahasa di satuan khusus angkatan bersenjata Australia itu diambil oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Ini dikarenakan terjadi kasus yang menyinggung kehormatan bangsa pada bulan November 2016 lalu," kata Wiranto dalam jumpa pers bersama Menhan dan Menlu Retno LP Marsudi di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (5/1/2017).

Namun, ditegaskan Wiranto, tidak ada kerja sama militer selain pendidikan bahasa yang dihentikan oleh TNI. Hubungan bilateral Indonesia dengan Australia dipastikan tetap baik.

"Penghentian kerja sama tersebut di atas haya bersifat sementara dan akan dilanjutkan kembali setelah pihak Australia telah melakukan langkah-langkah penyelesaian dari kasus yang terjadi," kata Wiranto.

"Diharapkan tidak ada pemberitaan di luar konteks yang justru akan membingungkan masyarakat dan mengganggu hubungan bilateral kedua negara," imbuh dia.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan pihak Australia memberikan sanksi bagi oknum perwira terkait dengan materi pembelajaran yang isinya menyinggung urusan internal Indonesia.

Materi yang isinya menghina Pancasila serta menyinggung persoalan Papua dan PKI itu dicuplik dari koran dan media online oleh seorang perwira di Australia. Artikel inilah yang dijadikan materi pelajaran di sekolah Angkatan Darat Australia.

"Mereka sudah minta maaf, sudah menghentikan jabatan kepala sekolahnya. Sudah ditindak secara tegas dan keras. Ini bukan kebijakan dari angkatan bersenjata mereka," kata Ryamizard secara terpisah di kantor Kemhan. (dtk)

Demikianlah Artikel Berlanjut, Plesetkan Pancasila, Kerja Sama Pendidikan RI-Australia Disetop!

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Berlanjut, Plesetkan Pancasila, Kerja Sama Pendidikan RI-Australia Disetop!, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berlanjut, Plesetkan Pancasila, Kerja Sama Pendidikan RI-Australia Disetop! dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/berlanjut-plesetkan-pancasila-kerja.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 2:54:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News