Polemik Baju Adat Batak, Yuk Kita Bandingkan Antara Jokowi Dan Soeharto Pakai Baju Adat Batak

Posted by Akurat News on 1:31:00 AM


POSMETRO INFO - Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengenakan busana Batak dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba. Seperti biasa, ada saja orang yang selalu berkomentar miring. Mereka mengunggah foto Presiden disertai kata-kata hinaan.

Kasus penghinaan ini pun berujung polisi. Ketua Aliansi Masyarakat Luat Pahae, Lamsiang Sitompul melaporkan akun bernama Nunik Wulandari II dan Andi Redani Putribangsa ke Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara. Dia tak terima presiden dan adat batak dihina seperti itu.

Presiden Jokowi bukan satu-satunya Presiden yang mengenakan busana Batak. Presiden Soeharto dan Ibu Tien juga pernah mengenakan pakaian adat Batak. Tentu saat itu tak ada yang berani berkomentar negatif seperti itu pada Pak Harto.

Soeharto mengenakan Ulos Ragi Idub dan topi Sortali. Dia juga memegang tongkat kebesaran Suku Batak. Sementara Ibu Tien mengenakan ulos di luar kain kebaya yang biasa dikenakannya.


Presiden Soeharto menghadiri acara peringatan jubileum 125 tahun Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang berlangsung di Sipoholon, Tarutung, Sumatera Utara tanggal 19 Oktober 1986.

Warga berduyun-duyun untuk bersalaman dan melihat langsung Pak Harto dan Ibu Tien yang datang dengan helikopter. 

Dalam sambutannya, Presiden Soeharto menuturkan ada negara-negara di dunia yang tak henti bergolak karena fanatisme agama. Di sisi lain, ada negara yang melarang dengan ketat warga yang mau beribadah karena menganggap agama sebagai penghambat kemajuan.

"Kita bersyukur, karena dalam negara Pancasila ini kedua malapetaka itu tidak kita alami," kata Presiden Soeharto.

"Di negeri kita, tanggungjawab keagamaan dan tanggungjawab kemasyarakatan dari semua pemeluk agama tidaklah terpisah, apalagi dipertentangkan. Kedua tugas itu ditunaikan sebaik-baiknya dan dengan rasa tanggungjawab yang sebesar-besarnya dalam rangka cita-cita bersama membangun masyarakat Pancasila di negeri yang berdasarkan Pancasila ini," pesan Presiden Soeharto. (ma)

Demikianlah Artikel Polemik Baju Adat Batak, Yuk Kita Bandingkan Antara Jokowi Dan Soeharto Pakai Baju Adat Batak

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Polemik Baju Adat Batak, Yuk Kita Bandingkan Antara Jokowi Dan Soeharto Pakai Baju Adat Batak , mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Polemik Baju Adat Batak, Yuk Kita Bandingkan Antara Jokowi Dan Soeharto Pakai Baju Adat Batak dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/08/polemik-baju-adat-batak-yuk-kita.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 1:31:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News