Bahaya, Laser Hijau di Jalanan Bisa Ganggu Penglihatan Sementara

Posted by Akurat News on 8:19:00 PM


Akurat News - Beberapa penjual laser hijau di jalan raya sering dikeluhkan berbagai pihak karena sinarnya yang silau mengenai mata. Dokter mata menyebut kalau sinar laser hijau terkena mata pengendara saat lagi berkendara bisa berbahaya.

"Lampu itu kan membuat blind spot, jadi tidak bisa lihat sementara, Jadi kalau kita lihat sinar sementara jadi kaya ada bayangan yang mengikuti untuk sementara. Disorientasi penglihatan sementara, penglihatannya jadi terganggu," kata dokter mata dari RSCM, Gitalista Andayani kepada detikcom, Jumat (18/3/2016) malam.

Namun, menurut Gitalisata kemungkinan laser hijau dapat merusak permanen mata sangat kecil. Hal itu karena penggunaan laser hijau untuk kepentingan medis sangat terukur walau energi yang digunakan cukup tinggi. Tingginya energi yang digunakan di laser hijau itu lah yang bisa merusak retina.

"Yang paling ditakutkan adalah bila sinar yang ditangkap atau kalau langsung masuk mata, pigmen bisa diserap makula (bagian tengah retina) yang sangat penting buat melihat tajam dan jelas. Sekalipun laser komersial ada batas keamanannya, ditakutkan sinar hijau yang sangat terang (misal yang dikeluhkan pilot), energinya melebihi batas aman. Jadi ini yang diwaspadai," ungkapnya.

Menurut dr Gitalista sinar laser pointer adalah contoh sinar hijau yang lemah, energinya kurang dari 1 miliwatt. Namun, sinar laser hijau yang ada di pinggir jalan atau seperti yang ada di konser punya cahaya yang cukup terang.

Dampak jangka panjangnya baru terasa kalau sinar laser hijau membakar makula sehingga bisa menyebabkan jaringan parut dan buta/buram menetap. Warga yang merasakannya diimbau memeriksakan diri ke dokter.

"Harusnya kalo energinya lemah, menyebabkan gangguan penglihatan sementara, tapi kalau benar energinya melebihi batas aman bisa bahaya, buta menetap," ungkap dr Gitalista. (dtk)

Demikianlah Artikel Bahaya, Laser Hijau di Jalanan Bisa Ganggu Penglihatan Sementara

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Bahaya, Laser Hijau di Jalanan Bisa Ganggu Penglihatan Sementara, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bahaya, Laser Hijau di Jalanan Bisa Ganggu Penglihatan Sementara dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/03/bahaya-laser-hijau-di-jalanan-bisa.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 8:19:00 PM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News