Polri Beberkan Kasus Tuduhan Pasukan RI Selundupkan Senpi di Sudan

Posted by Akurat News on 2:29:00 PM


AKURAT NEWS - Otoritas keamanan Sudan menahan kepulangan 139 personel Formed Police Unit (FPU) VIII, di Darfur, Sudan. Kontingen pasukan perdamaian asal Indonesia itu dipastikan terlambat kembali ke Tanah Air karena dituduh berupaya menyelundupkan senjata api.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul mengungkapkan tim FPU VIII yang tertahan kepulangannya telah bertugas di Darfur, Sudan sejak satu tahun lalu.

Polri mencatat tim FPU VIII tiba di Sudan pada 15 Desember 2015. "Dalam rangka bergabung dengan unit lain di bawah PBB melaksanakan misi perdamaian selama satu tahun," ujar Martin di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (23/1/2017).

Menurut Martin, tim FPU pimpinan AKBP Jhon Huntal Hutajulu itu rencananya kembali ke Tanah Air pada 19 Januari 2017, setelah dilakukan serah terima tugas dengan Tim FPU IX yang baru tiba dari Indonesia pada hari yang sama.

Mengutip pernyataan Hutajulu, Martin mengatakanseluruh barang milik FPU VIII telah diangkut dari Garuda Camp menuju Bandara Sudan pada 15 Januari 2017. Barang dimasukkan dalam dua kontainer dan dikawal 40 personel FPU.

Di bandara, barang-barang tersebut kemudian diperiksa di ruang x-ray lalu ditumpuk di satu tempat. Martin menuturkan, salah satu tim FPU VIII menyaksikan ada tumpukan barang lain yang terletak sekitar 10 meter dari tumpukan barang milik kontingen Indonesia.

Lantas, lanjut Martin, polisi Sudan yang berada di lokasi bertanya apakah barang-barang tersebut milik kontingen Indonesia. Pertanyaan diulang beberapa kali. Kontingen Indonesia secara tegas menjawab tidak.

"Tasnya berbeda. Kemudian ada satu orang (polisi Sudan) panggil teman dan masukkan barang-barang itu ke mesin x-ray. Kemudian ada tuduhan pasukan Indonesia ingin lakukan penyelundupan," kata Martin.

Dansatgas FPU VIII, Hutajulu yang kini masih berada di Sudan memastikan tas yang belakangan diketahui berisi senjata api itu bukan milik kontingen Indonesia. "Dipastikan (tas) itu bukan milik pasukan Indonesia," kata Martin menirukan ucapan Hutajulu. (sn)

Demikianlah Artikel Polri Beberkan Kasus Tuduhan Pasukan RI Selundupkan Senpi di Sudan

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Polri Beberkan Kasus Tuduhan Pasukan RI Selundupkan Senpi di Sudan, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Polri Beberkan Kasus Tuduhan Pasukan RI Selundupkan Senpi di Sudan dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/polri-beberkan-kasus-tuduhan-pasukan-ri.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 2:29:00 PM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News