Imparsial: Tugas TNI Bukan Ngurusin Sawah

Posted by Akurat News on 12:07:00 PM


AKURAT NEWS - Wakil Direktur Imparsial Gufron Mabruri mengkritik rencana Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo membentuk Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T).

Menurut dia, upaya mendorong program swasembada beras petani di pedesaan itu sebaiknya dilakukan oleh kementerian-kementerian yang tepat.

"Saya kira ada satu persepsi yang keliru dalam menafsirkan mendorong pemerintah dalam upaya swasembada beras itu," ujarnya saat dihubungi, Selasa (21/1).

Persepsi yang keliru ini, lanjut Gufron, bisa dilihat dari bagaimana ditafsirkan oleh panglima TNI dengan berencana membentuk SP3T.

Tentu, itu dikhawatirkan menimbulkan persoalan baru dan mengurangi tingkat profesionalisme TNI.

"Terutama TNI tidak dibekali keahlian soal isu-isu pertanian tapi juga dikhatirkan ini akan menimbulkan persoalan lain," jelas dia.

Oleh karena itu, Gufron mendorong kepada kementerian-kementerian yang terkait dengan isu pangan untuk mengatasi masalah swasembada pangan.
Sebab, memang yang berwenang dalam kebijakan dan punya keahlian tersebut adalah kementerian.

"TNI tugasnya hanya untuk mengatasi ancaman eksternal dari luar, bukan ngurusin soal sawah," tandasnya.

Untuk diketahui, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, pada 2017 TNI akan membentuk Sentra Pelayanan Petani Padi Terpadu (SP3T).

Program ini dimaksudkan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait swasembada pangan.

"Ini solusi untuk petani karena kami sendiri hampir frustrasi. Petani sering ditipu tengkulak, hasil panen dibeli dengan harga rendah," kata Gatot.

Gatot mengatakan pembentukan SP3T akan membantu petani mulai dari tahap pembibitan, panen, hingga penggilingan. Sehingga, dengan adanya SP3T ini petani tidak lagi membeli bibit padi dari tengkulak.

"Produksi beras tak terganggu untuk menjaga swasembada pangan. Dulu, Bapak Presiden Joko Widodo berkata, kalau swasembada pangan tak tercapai, saya akan dicopot. Sekarang saya panglima," ujarnya. (jpg)

Demikianlah Artikel Imparsial: Tugas TNI Bukan Ngurusin Sawah

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Imparsial: Tugas TNI Bukan Ngurusin Sawah, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Imparsial: Tugas TNI Bukan Ngurusin Sawah dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/imparsial-tugas-tni-bukan-ngurusin-sawah.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 12:07:00 PM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News