Mantan Menteri SBY Beberkan Suramnya Ekonomi Era Jokowi

Posted by Akurat News on 10:42:00 AM


AKURAT NEWS - Mantan Menteri Perdagangan era SBY, Marie Elka Pangestu menyebutkan, saat ini, perekonomian dunia tengah paceklik. Dampak buruknya pastilah ke Indonesia.

Marie mengatakan, dalam 5 tahun belakangan. total ekspor Indonesia dalam anjlok hingga 25%. Artinya, pemerintah jangan lagi berharap banyak kepada ekspor. "Sejak 2011 ke 2015, angkanya (ekspor) dari 201 miliar dolar AS, turun 25 persen menjadi 151 miliar dolar AS. Turunnya cukup jauh," kata Marie di Kantor LIPI, Jakarta, Selasa (20/09/2016).

Marie mengatakan, anjloknya ekspor Indonesia lebih sebabkan karena anjloknya harga komoditas dunia, dimana ekspor Indonesia di dominasi oleh produk komoditas.

"Dari tahun 2004 sampai 2011 kenaikan ekspor mencapai tiga kali lipat. Itu kaitannya dengan resource boom yang membuat kenaikan ekspor, tapi saat ini harga komoditas sedang turun artinya ekspor kita juga turun" paparnya.

Indonesia pun dituntut untuk lebih kreatif dalam menghadapi keadaan ini. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi ekspor. Artinya, ekspor tak hanya dilakukan pada bahan komoditas mentah, melainkan pada komoditas olahan. "Kita punya tantangan besar, bagaimana kita lakukan diversifikasi ekspor. Ini harus segera dilakukan," tandasnya. [inilahcom]

Demikianlah Artikel Mantan Menteri SBY Beberkan Suramnya Ekonomi Era Jokowi

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Mantan Menteri SBY Beberkan Suramnya Ekonomi Era Jokowi, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mantan Menteri SBY Beberkan Suramnya Ekonomi Era Jokowi dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/09/mantan-menteri-sby-beberkan-suramnya.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 10:42:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News