Wow ! Bila Pemilik Lahan Bantaran Kali di Kemang Tak Mau Jual ke DKI, Ahok: Sita !

Posted by Akurat News on 7:28:00 AM


POSMETRO INFO - Bangunan-bangunan berdiri di bantaran Kali Krukut, Kemang, Jakarta Selatan. Supaya tak banjir, bangunan ini harus dirobohkan untuk menormalisasi Kali. Namun ternyata bangunan itu bersertifikat. Solusi dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok): sita!

"Kalau dia enggak mau jual pakai harga appraisal, saya sudah perintahkan tadi pagi, konsinyasi saja di pengadilan. Sita udah," kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Konsinyasi adalah mekanisme menjual barang dengan harga dan syarat yang disetujui kedua belah pihak, namun barangnya dititipkan oleh pihak lain, dalam hal ini pengadilan negeri. Lahan itu memang perlu dibebaskan demi Kemang yang bebas banjir. Namun bila pemilik lahan tak mau menjual lahannya ke Pemprov DKI, maka Pemprov DKI mau tak mau harus menyitanya.

"Kalau enggak begitu, enggak jalan dong (normalisasi sungai)," kata Ahok. 

Dinas Tata Air DKI Jakarta dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) akan mengurusi hal ini. Ahok telah merapatkan hal ini dengan dua instansi tersebut. 

"Kalau kamu enggak mau jual, saya minta pengadilan negeri menetapkan ini konsinyasi. Kalau dia tetapkan, uangnya saya titip di pengadilan. Saya sita tanah kamu," tutur Ahok.

Mekanisme penyitaan model seperti itu, kata Ahok, diatur dalam Undang-undang tentang Pengadaan Tanah. Pemilik lahan bahkan bisa menual lahannya dengan harga pasar. Barulah bila mentok tak bisa, maka penyitaan dilakukan.

"Kalau gua (saya) butuh beli tanah ini dan enggak bisa tempat lain lagi, saya minta kamu jual ke saya, harga pasar," kata Ahok.

Namun demikian, langkah ini tak akan cepat-cepat dilakukan tahun ini. Ahok menyatakan sedang menyusun langkahnya. Apalagi anggarannya juga belum siap.

"Ya kan duitnya belum ada. Saya juga minta swasta ikut bayar," kata Ahok.

Ahok menjelaskan, lahan di daerah lembah seperti Kemang ini memang terancam digenangi banjir. "Kan saya sudah bilang, yang tidak aman adalah yang tinggal di daerah lembah-lembah dan sungai yang sudah diduduki," kata Ahok. (dtk)

Demikianlah Artikel Wow ! Bila Pemilik Lahan Bantaran Kali di Kemang Tak Mau Jual ke DKI, Ahok: Sita !

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Wow ! Bila Pemilik Lahan Bantaran Kali di Kemang Tak Mau Jual ke DKI, Ahok: Sita !, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Wow ! Bila Pemilik Lahan Bantaran Kali di Kemang Tak Mau Jual ke DKI, Ahok: Sita ! dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/08/wow-bila-pemilik-lahan-bantaran-kali-di.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 7:28:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News