Petani Tembakau : Penelitian Harga Rokok 50.000/bungkus Di Biayai Bloomberg Untuk Hancurkan Industri Tembakau RI

Posted by Akurat News on 1:51:00 AM


POSMETRO INFO - Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) menuding isu maupun wacana kenaikan harga rokok menjadi Rp 50.000 per bungkus adalah pesanan pihak asing. Wacana ini bermula dari penelitian Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia yang menyatakan harga rokok naik Rp 50.000 per bungkus paling efektif mengurangi jumlah perokok.

Ketua Umum APTI, Soeseno Riban menuding, penelitian ini dibiayai oleh Bloomberg Initiative untuk menghancurkan industri tembakau Indonesia.

"Mereka rela mengorbankan kehidupan 6,1 juta masyarakat Indonesia demi menjalankan misi LSM Asing, Bloomberg. Hanya karena Prof. Hasbullah (pimpinan pusat kajian tersebut) mengejar dana penelitian sebesar Rp 4,3 miliar, dia merusak hajat hidup jutaan petani yang menggantungkan penghidupannya pada sektor ini," ucap Soeseno dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (25/8).

Sementara itu, Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Rokok, Tembakau, Makanan dan Minuman (FSP RTMM), Sudarto mengungkapkan, riset kenaikan harga rokok telah memicu kekhawatiran di seluruh lapisan dan pemangku kepentingan industri, khususnya para pekerja pabrikan rokok yang berada dibawah organisasinya.

Sudarto mengatakan, riset seharusnya mencari jalan keluar yang bijak, bukan menyudutkan pihak-pihak tertentu. Dalam riset juga harus dicari jalan keluar.

"Bila akibat riset itu banyak yang dirumahkan, siapa yang mau bertanggung jawab?" tanya Sudarto.

Menurutnya, dengan kenaikan cukai selama 5 tahun terakhir saja, sudah ada 1.200 pabrik rokok yang gulung tikar dan terjadi PHK yang mencapai 102.500 pekerja.

"Apalagi bila harga rokok dinaikkan secara drastis sampai Rp 50.000 per bungkus, tentu akan terjadi PHK massal," tutupnya. (ma)

Demikianlah Artikel Petani Tembakau : Penelitian Harga Rokok 50.000/bungkus Di Biayai Bloomberg Untuk Hancurkan Industri Tembakau RI

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Petani Tembakau : Penelitian Harga Rokok 50.000/bungkus Di Biayai Bloomberg Untuk Hancurkan Industri Tembakau RI, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Petani Tembakau : Penelitian Harga Rokok 50.000/bungkus Di Biayai Bloomberg Untuk Hancurkan Industri Tembakau RI dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/08/petani-tembakau-penelitian-harga-rokok.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 1:51:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News