Hujan Seharian, Bekasi Terendam Banjir Hingga 1 Meter

Posted by Akurat News on 6:18:00 AM


Akurat News - Wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, yang diguyur hujan sejak Minggu (28/2) dini hari mengakibatkan sejumah permukiman terendam banjir.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi ada sekitar enam titik banjir di wilayah setempat dengan ketinggian air bervariasi hingga 100 sentimeter.

Menurut keterangan Koordinator Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Bekasi, Achmad Dumiyati, ketinggian air paling parah merendam permukiman warga berada di Perumahan Pondok Ungu Permai (PUP) dan Graha Persada Kaliabang Tengah, Bekasi Utara.

"Banjir di lokasi tersebut mencapai sepinggang orang dewasa (100 sentimeter). Dan sebanyak 600 KK (kepala keluarga) yang terkena dampaknya," kata Achmad Dumiyati, Minggu (28/2).

Dia menjelaskan, pihaknya telah membuka posko bantuan banjir dan pengungsian di Kantor Kelurahan Kaliabang Tengah, Kecamatan Bekasi Utara.

"Kami juga telah mengirim bantuan logistik berupa beras," ungkapnya.

Menurutnya, banjir di wilayah tersebut akibat drainase yang tersumbat sampah dan lumpur. Dikhawatirkan, apabila hujan terus mengguyur daerah tersebut hingga malam ini, ketinggian air tidak akan surut.

Untuk mempercepat surut, warga sepakat menjebol tanggul yang ada di pinggir perumahan, agar air bisa mengalir ke sawah. Konsekuensinya, apabila turun hujan lagi, luapan air sawah dapat membanjiri perumahan mereka. "BPBD Kota Bekasi sudah menyediakan perahu karet untuk melakukan evakuasi warga," imbuhnya.

Banjir juga merendam permukiman langganan banjir seperti Perumahan Dosen IKIP Jatikramat dan Bumi Nasio di Jatiasih. Ketinggian air di kedua perumahanan ini mencapai 50-100 sentimeter. Namun kebanyakan warga, tidak mengungsi.

"Mereka bertahan di lantai dua, kami hanya membantu aktivitas keluar masuk rumah dengan perahu karet," katanya.

Luapan air Kali Bekasi juga merendam perumahan warga di RW 06 dan RW 07, Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara. Ketinggian air mencapai 40 sentimeter.

"Ada sekitar 300 KK namun masih tetap bertahan di rumahnya. Apabila hujan masih deras di wilayah Bogor, dikhawatirkan air meluap lebih lebih tinggi lagi," imbuhnya.

Sejumlah warga yang tinggal di bantaran Kali Bekasi telah waspada sejak beberapa hari ini. Sebab, tinggi permukaan Kali Bekasi hari ini sudah mencapai 350 sentimeter, sementara di wilayah Bogor masih diguyur hujan.

Dengan ketinggian permukaan seperti itu, pemerintah daerah berupaya mengurangi debit air dengan cara membuka pintu air di bendungan Kali Bekasi. Dampaknya, beberapa perumahan terendam banjir seperti yang terjadi di perumahan warga di Jalan Kartini, tepatnya di Gang Mawar, Kecamatan Bekasi Timur.

"Saat ini kami waspadai meluasnya banjir akibat dibukanya pintu air Kali Bekasi," ungkapnya.

Pemukiman warga di Jalan Kartini sudah terendam hingga satu meter. "Kita mewaspadai lokasi yang berada di bawah sepanjang Kali Bekasi karena air terus meningkat dan merendam rumah warga," imbuhnya. (brt1)

Demikianlah Artikel Hujan Seharian, Bekasi Terendam Banjir Hingga 1 Meter

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Hujan Seharian, Bekasi Terendam Banjir Hingga 1 Meter, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Hujan Seharian, Bekasi Terendam Banjir Hingga 1 Meter dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/02/hujan-seharian-bekasi-terendam-banjir.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 6:18:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News