Waspada Diprovokasi Israel Melalui Pertemuan dengan MUI!

Posted by Akurat News on 3:55:00 AM


AKURAT NEWS - Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengimbau semua pihak berpikir dan bersikap jernih atas berita tentang pertemuan anggota MUI Istibsyaroh dengan Presiden Israel Reuven Rivlin. Sebab, publikasi pertemuan yang dilakukan pihak Kementerian Luar Negeri itu bernuansa provokatif.

“Semua komponen masyarakat Indonesia dituntut berpikir jernih dalam menyikapi publikasi yang provokatif itu. Kearifan para tokoh masyarakat dan pemuka agama sangat penting dalam merespons informasi dari Kementerian Luar Negeri Israel itu, agar tidak terjadi gesekan-gesekan yang tidak perlu,” ucap politisi Golkar ini, (Minggu, 22/1).

Publikasi pertemuan ini memang dilakukan langsung oleh Kementerian Luar Negeri Israel lewat situs resminya, www.mfa.gov.‎il, pekan lalu. Di dalam situs tersebut, terpampang foto Istibsyaroh bersama Presiden Rivlin yang duduk dalam ruang pertemuan. Di belakang keduanya berjejer tujuh orang. ‎Beberapa saat kemudian, berita soal pertemuan ini menyebar di Indonesia. Komentar pun bermunculan dari berbagai pihak. Sebagian besar komentar itu menyudutkan dan menyalahkan Istibsyaroh.

Namun, Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, bersikap agak beda. Dia justru curiga pihak Israel mau memprovokasi masyarakat Indonesia dengan mempublikasikan pertemuan itu. Pihak Israel sepertinya ingin ikut bermain dalam suasana politik di Indonesia yang sedang menghangat.

“Alasan mempublikasikan pertemuan itu patut dipertanyakan dan didalami. Sebab, itu dilakukan ketika suasana di dalam negeri masih didominasi oleh isu-isu tentang perilaku organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang intoleran.  Seperti diketahui, saat ini, MUI juga menjadi sorotan masyarakat,” terang anggota Presidium Nasional KAHMI ini.

Bagi Bamsoet, publikasi berita dan foto tentang pertemuan Istibsyaroh-Presiden Rivlin oleh pemerintah Israel itu tidak bisa dilihat sebagai informasi belaka. Bukan tidak mungkin Israel punya tujuan lain.

“Agen-agen Mossad (agen intelijen Israel) di Asia tentu melihat dan mempelajari dinamika masyarakat Indonesia sejak Oktober 2016 hingga Januari 2017. Mungkin saja publikasi itu bertujuan mempermalukan masyarakat Indonesia yang dikenal sebagai pendukung Palestina dan anti Israel,” imbuhnya.

Karena itu, Bamsoet meminta publik untuk menahan diri. Jika tidak, MUI akan menjadi sasaran kecaman banyak pihak, yang dapat membuat kredibilitasnya runtuh. Kasus ini bahkan bisa menambah rumit persoalan yang sedang berkembang hingga akhir-akhir ini.

“Publikasi oleh Kementerian Luar Negeri Israel itu berpotensi mengadu domba masyarakat. Karena itu, semua elemen masyarakat perlu berpikir jernih dan menghargai penjelasan MUI,” tandasnya.

MUI sendiri sudah meminta penjelasan Istibsyaroh soal pertemuan. Dari pengakuan Istibsyaroh, dia mengaku sama sekali tidak mengagendakan pertemuan itu. Kedatangannya ke Israel hanya untuk ke Masjid Al-Aqsa. Namun, kemudian dia diajak oleh rombongan bertemu Presiden Rivlin.

“Ibu Istibsyaroh tidak tahu akan ada pertemuan dengan Presiden Israel. Dia diajak ada rombongan. Ada beberapa nama, termasuk adiknya yang mengajak ke Israel,” ujar Ketua MUI Bidang Perempuan, Remaja, dan Keluarga Prof Amany Lubis‎, Jumat lalu.

Meski kondisinya begitu, MUI tetap akan memberi saksi kepada Istibsyaroh. Hanya saja, saat ini jenis sanksi itu belum ditentukan. ‎”Sanksinya tergantung dari tingkat kesalahannya. Dari teguran lisan, teguran tertulis, sampai dengan pemberhentian dari kepengurusan,” kata Waketum MUI Zainut Tauhid.

Kata pria yang juga politisi PPP ini, Selasa besok, MUI bakal menggelar rapat pimpinan. Dalam rapat tersebut, masalah sanksi untuk Istibsyaroh akan dibahas.

Kenapa harus ada sanksi? Kata Zainut, MUI telah melarang semua pengurusnya menghadiri undangan dari pejabat Israel. Larangan tersebut berlaku tanpa syarat. “Jika ada yang melanggar MUI akan mengevaluasi pengurus yang melanggar tersebut dan jika terbukti bersalah akan memberikan sanksi,” ujarnya. (ps)

Demikianlah Artikel Waspada Diprovokasi Israel Melalui Pertemuan dengan MUI!

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Waspada Diprovokasi Israel Melalui Pertemuan dengan MUI!, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Waspada Diprovokasi Israel Melalui Pertemuan dengan MUI! dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/waspada-diprovokasi-israel-melalui.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 3:55:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News