Polri Soal Irjen Anton di GMBI: Polisi Boleh jadi Pembina Ormas

Posted by Akurat News on 6:21:00 PM


AKURAT NEWS - Kabagpenum Polri Brigjen Rikwanto mengatakan anggota Polri diperbolehkan untuk menjadi pembina dari perkumpulan organisasi masyarakat. Hal ini menyusul pengakuan Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan yang mengaku ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pembina Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI).

"Pimpinan pembina atau ketua perkumpulan anggota kepolisian boleh, dari pangkat terendah, sampai tertinggi. Babinkamtibmas kami Polri, itu juga banyak diminta menjadi ketua perkumpulan, enggak ada masalah," kata Rikwanto di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (14/1).

Meskipun tidak dilarang, Rikwanto menegaskan setiap anggota Polri harus memisahkan tugas kepolisian dan tugas sebagai pembina ormas. Polri pun tak segan-segan menindak tegas anggota ormas jika kedapatan melanggar aturan.

"Pisahkan antara pembina perkumpulan perkumpulan dengan masalah hukum. Kalau masalah hukum berkaitan dengan siapa berbuat apa. Kalau memang itu melanggar pidana, ya kita proses secara pidana," tegasnya.

Rikwanto membantah kabar ada upaya pembekingan atas insiden penyerangan anggota Front Pembela Islam (FPI) ke markas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) kemarin. Dia mengimbau kepada masyarakat yang memiliki bukti dan temuan baru terkait kejadian itu untuk melapor kepada petugas.

"Itu isu-isu yang beredar, silakan siapa yang punya bukti, punya saksi, disampaikan. Kalau memang ada kesaksian pelanggaran pidana, disampaikan saja. Kalau perlu kita masukan pemeriksaan BAP," imbuhnya.

Sebelumnya, sekitar pukul 02.51 WIB, ratusan anggota Front Pembela Islam (FPI) menyerang dan membakar markas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) dan satu rumah di lokasi tersebut.

Saksi yang melihat kejadian itu menyebut jika pelaku penyerangan dan pembakaran sedikitnya ada 150 orang. Mereka datang lantaran termakan berita hoax yang beredar di media sosial.

Di mana informasi yang beredar, ada salah satu anggota FPI yang ditusuk oleh GMBI. Tak hanya itu, kemarahan emosi semakin tersulut setelah menerima informasi bila anggota yang ditusuk itu diculik.

Tidak ada korban dari insiden tersebut. Saat ini, polisi sudah mengamankan dan melakukan pemeriksaan intensif terhadap 20 orang pelaku pengrusakan sekaligus pembakaran. (mdk)

Demikianlah Artikel Polri Soal Irjen Anton di GMBI: Polisi Boleh jadi Pembina Ormas

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Polri Soal Irjen Anton di GMBI: Polisi Boleh jadi Pembina Ormas, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Polri Soal Irjen Anton di GMBI: Polisi Boleh jadi Pembina Ormas dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/polri-soal-irjen-anton-di-gmbi-polisi.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 6:21:00 PM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News