Marak Berita Hoax, Pemerintah Gerah dan Segera Bentuk Badan Cyber Nasional

Posted by Akurat News on 10:49:00 AM


AKURAT NEWS - Pemerintah Jokowi-JK tampaknya semakin gerah dengan bertebarannya berita bohong atau hoax di lini massa atau media sosial. Pemerintah langsung merespon dengan segera membentuk Badan Cyber Nasional. Pembahasan badan baru ini tengah dikebut agar bisa dibentuk bulan ini.

"Bukan tahun ini, kalau perlu bulan ini sudah harus selesai. Sudah ada wadahnya," kata Menko Polhukam Wiranto di kantornya, Selasa (3/12).

Wiranto menegaskan tujuan dibentuknya Badan Cyber Nasional. Utamanya untuk menangkal berita bohong alias hoax yang beredar di internet. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menyetujui dan memerintahkan untuk segera dibentuk.

"Nanti tugasnya proteksi kegiatan cyber nasional kemudian diadakan satu pemilahan agar kita bisa melihat berita-berita hoax mana yang bener itu cepet dilaksanakan," ujarnya.

Badan Cyber Nasional akan menjadi penyaring (penapisan) untuk membedakan berita bohong dan berita benar. Badan ini juga berkewajiban memberikan pemahaman kepada masyarakat agar cermat menyaring berita yang berdasarkan fakta atau yang menjurus fitnah.

"(Kemajuan teknologi) dimanfaatkan oknum tertentu yang menggunakan kebebasan informasi itu untuk fitnah, kemudian menanamkan kebencian yang membuat masyarakat jadi bingung," katanya.

Wiranto menjamin keberadaan Badan Cyber Nasional tak akan tumpang tindih dengan Kementerian/Lembaga yang memiliki tugas serupa. Sebab, kata dia, Badan Cyber Nasional nantinya bertugas untuk 'memayungi' tiap Kementerian/Lembaga dalam menangani persoalan Cyber.

"Mereka tetep jalan. Tetapi ini satu Cyber yang memayungi itu semua, mengkoordinasikan itu semua," ucapnya. (mdk)

Demikianlah Artikel Marak Berita Hoax, Pemerintah Gerah dan Segera Bentuk Badan Cyber Nasional

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Marak Berita Hoax, Pemerintah Gerah dan Segera Bentuk Badan Cyber Nasional, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Marak Berita Hoax, Pemerintah Gerah dan Segera Bentuk Badan Cyber Nasional dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/marak-berita-hoax-pemerintah-gerah-dan.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 10:49:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News