Kementan Ikut Bicara Kabar Anak di Sleman Meninggal karena Antraks

Posted by Akurat News on 5:57:00 AM


AKURAT NEWS - Direktorat Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen) Kementerian Pertanian (Kementan) ikut menjelaskan kabar seorang anak berusia 9 tahun asal Sleman, DIY, meninggal karena antraks. Tim Kementan sudah turun ke lokasi. Dan hasilnya tidak kasus di sana.

"Di lokasi kejadian tidak ada kasus hewan pada antraks," jelas Direktur Kesehatan Hewan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa, dalam rilisnya, Sabtu (21/1/2017).

Sebagaimana diketahui, antraks bisa menular dari hewan ke manusia. Jika tidak ada kasus pada hewan, maka kecil kemungkinan akan ada kasus pada manusia. Soal penularan antraks yang bersliweran belakangan ini, FK UGM merespons melalui edaran.

Menurut Fadjar, jika benar anak tersebut mengalami infeksi antraks, kemungkinan diperoleh dari spora tanah atau lingkungan. "Bukan hewan ternak atau produk ternak," jelas Fadjar.

Anak itu disebut sakit meningitis. Namun berdasarkan sampel cairan cerebospinal memang ada kuman antraks. "Bisa saja infeksi antraks menyebabkan radang meningitis, tapi itu kasus sangat langka," ungkapnya.

Sementara berdasarkan pengecekan kolam renang tempat anak beraktivitas, tidak ditemukan kuman antraks.

Di lain pihak, RSUP Dr Sardjito menjelaskan pihaknya menerima pasien anak dari RSUD Sleman pada 31 Desember Pasien itu kemudian meninggal pada 6 Januari 2017. Awalnya didiagnosis menderita meningitis, tapi kemudian diketahui berdasarkan hasil tes kultur ditemukan adanya bakteri Bacillus anthracis.

Meski demikian, RSUP Dr Sardjito membantah broadcast yang menyebutkan pihaknya menangani 15 pasien dengan dugaan antraks. "Kami hanya merawat satu pasien ini saja yang menderita meningitis," tegas Direktur Medis dan Keperawatan dr Rukmono Siswishanto, Sp. OG (K)., M. Kes. (dtk)

Demikianlah Artikel Kementan Ikut Bicara Kabar Anak di Sleman Meninggal karena Antraks

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Kementan Ikut Bicara Kabar Anak di Sleman Meninggal karena Antraks, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kementan Ikut Bicara Kabar Anak di Sleman Meninggal karena Antraks dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/kementan-ikut-bicara-kabar-anak-di.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 5:57:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News