Inilah 7 Mata Uang Paling Anjlok disepanjang 2016

Posted by Akurat News on 10:54:00 AM


AKURAT NEWS - Krisis ekonomi global masih berimbas pada ekonomi dunia di 2016 ini. Brexit, kenaikan suku bunga the Fed, hingga terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) turut memberikan ketidakpastian pada ekonomi global hingga ekonomi domestik pada berbagai negara.

Hal ini pun berdampak pada tidak stabilnya nilai tukar mata uang berbagai negara terhadap dolar AS. Mengutip CNN, berikut adalah daftar negara dengan nilai tukar mata uang terburuk terhadap dolar AS sepanjang 2016:

1. Bolivar Venezuela: -71%

Anjloknya harga minyak dunia telah berdampak pada rontoknya ekonomi Venezuela. Bahkan, IMF memperkirakan inflasi naik 1.660% tahun depan. Pada tahun ini secara mencengangkan nilai tukar mata uang Venezuela terhadap Dolar AS anjlok sangat dalam, yaitu mencapai 71%.

2. Pound Mesir: -59%

Mesir merupakan salah satu negara yang mengalami gejolak politik dan ekonomi. Krisis pada sektor domestik turut memengaruhi nilai tukar mata uang negara tersebut sepanjang 2016.

3. Naira Nigeria: -37%

Anjloknya harga minyak dunia turut berdampak pada ekonomi Nigeria. Pasalnya, 70% ekonomi negara ini ditopang oleh penjualan minyak. Gejolak ekonomi yang dihadapai pun berdampak pada anjloknya nilai tukar Naira terhadap dolar AS.

4. Lira Turki: -18%

Kudeta militer yang terjadi di Turki turut berdampak pada anjloknya nilai tukar Lira terhadap Dolar AS. Kepercayaan investor pun mulai menurun dan berakibat pada turunnya pemeringkatan kelayakan investasi dari S&P.

5. Peso Argentina: - 17% 

Argentina adalah negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia. Hanya saja, dengan tingginya inflasi dan turunnya upah riil telah berdampak pada anjloknya nilai tukar mata uang negara tersebut terhadap dolar AS.

6. Poundsterling Inggris: -17%

Keluarnya Inggris dari Uni Eropa tenyata juga berdampak pada anjloknya nilai tukar mata uang negara tersebut terhadap Dolar Amerika. Tercatat, sepanjang 2017 Poundsterling terdepresiasi terhadap Dolar AS sebesar 17%.

7. Peso Meksiko: -17%

Kampanye dan terpilihnya Trump sebagai Presiden Amerika Serikat turut memukul ekonomi Meksiko. Utamanya adalah kada kebijakan anti imigran dan anti perdagangan bebas. (ok)

Demikianlah Artikel Inilah 7 Mata Uang Paling Anjlok disepanjang 2016

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Inilah 7 Mata Uang Paling Anjlok disepanjang 2016, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah 7 Mata Uang Paling Anjlok disepanjang 2016 dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/inilah-7-mata-uang-paling-anjlok.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 10:54:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News