H.AS Hanandjoeddin Berpeluang Menambah Daftar Pahlawan Nasional dari Angkatan Udara

Posted by Akurat News on 6:19:00 AM


AKURAT NEWS - H.AS Hanandjoeddin mendapat dukungan dari segenap kalangan untuk ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional.

Dukungan mengalir lewat spanduk yang tersebar di berbagai wilayah di Pulau Belitung.

Penulis buku biografi H.AS Hanandjoeddin yakni Haril Andersen mengatakan, nama H.AS Hanandjoddin masuk dalam daftar nama Pahlawan Nasional yang diusulkan oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Insya Allah H.AS Hanandjoeddin juga mendapat dukungan dari Mabes TNI AU, sehingga berpeluang menambah daftar Pahlawan Nasional dari Angkatan Udara," kata Haril kepada Pos Belitung.

Alhamdulillah, dokumen arsip bintang jasa H.AS Hanandjoeddin selama pengabdiannya kepada NKRI telah diserahterimakan dari Dinas Perawatan Personel TNI Angkatan Udara (Diswatpersau) kepada penulis buku Sang Elang untuk kelengkapan berkas pengusulan Pahlawan Nasional. Dokumen ini sangat penting sebagai bagian dari persyaratan formil pengusulan H.AS Hanandjoeddin sebagai Pahlawan Nasional. Penyerahan dokumen bintang jasa ini membuktikan keseriusan institusi Mabes TNI AU mendukung langkah masyarakat Pulau Belitong untuk memperjuangkan salah seorang putra terbaiknya sebagai Pahlawan Nasional. Letkol Jusak mewakili Diswatpersau menyerahkan dokumen kepada Haril M Andersen, penulis buku Sang Elang, disaksikan Mayor (Lek) Dwi Setyo, Perwira Lanud Atang Sejaya Bogor yang mendampingi penulis. Serah terima berlangsung di Gedung Leo Wattimena, Mabes TNI AU Cilangkap, Kamis (12/1). Dalam kesempatan tersebut penulis juga menyerahkan buku Sang Elang kepada Sekretaris Diswatpersau, Kolonel (Kal) Julianto.
Sumber : Facebook/Haril Andersen

Nama H.AS Hanandjoeddin kini menjadi Bandara Internasional di Belitung.

Namanya juga menjadi nama Pangkalan Udara TNI AU di Belitung

Penetapan nama H.AS Hanandjoddin menjadi nama pangkalan TNI AU di Belitung ini sempat dilansir oleh website tni-au.mil.id


"Pergantian nama Lanud Tanjung Pandan menjadi Lanud H. AS Hanandjoeddin merupakan salah satu komitmen generasi penerus sebagai bentuk penghargaan kepada para pahlawan dan sesepuh TNI AU dengan mengabadikan nama mereka sebagai nama Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara yang masih menggunakan nama daerah," demikian isi paragraf pertama dari tulisan yang dilansir oleh website tersebut.

Menurut Haril, Harian Pos Belitung juga berperan sangat penting dalam pengusungan Hanandjoeddin menjadi Pahlawan Nasional.

Sebab, berita Pos Belitung lah yang pertama kali memunculkan wacana tersebut pada saat peringatan Hari Pahlawan 10 November 2015 lalu.

Foto Komodor Muda Udara Adisutjipto dan Lettu Hanandjoeddin dalam buku biografi H.AS Hanandjoeddin karya Haril Andersen.
Diberitakan sebelumnya oleh Pos Belitung,

Komodor Muda Udara Adisutjipto dan Lettu Hanandjoeddin, aktor di balik peristiwa pelarian Pesawat Pangeran Dipenogoro II ke Yogyakarta pada 5 Agustus 1946.

Pernyataan ini adalah keterangan foto dalam buku biografi H.AS Hanandjoeddin yang ditulis oleh Haril Andersen.

Dalam buku tersebut Haril meletakkan pas foto hitam putih Adisutjipto sejajar dengan foto Hanandjoeddin.

Haril mengatakan Adisutjipto adalah seorang perwira komando tinggi sedangkan Hanandjoeddin berada dalam tataran pelaksana operasi.

Hanandjoeddin berperan melaksanakan perampasan pesawat Jepang yang kemudian menjadi alat utama sistem pertahanan (alutsista) pertama AURI.

“Itu terjadi di masa awal revolusi, karenanya saya pikir Pak Hanandjoeddin layak menjadi Pahlawan Nasional, tapi penilaian ini mungkin didorong idealisme saya sebagai putra daerah yang ingin daerahnya punya Pahlawan Nasional,” kata Haril kepada posbelitung.com, Selasa (10/11/2015) sore.

Spanduk Dukungan

Mencuat nama Hanandjoeddin sebagai calon nama Pahlawan Nasional disambut baik oleh publik di Belitung.

Berikut ini akan Pos Belitung rangkum sejumlah spanduk dukungan yang sekarang terpasang di beberapa wilayah di Pulau Belitung.

Di Jalan Sijuk, Tanjungpandan

Di Jalan A Yani, Tanjungpandan

Di Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur

Di Tanjungpandan, Belitung

Di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung
(tn)

Demikianlah Artikel H.AS Hanandjoeddin Berpeluang Menambah Daftar Pahlawan Nasional dari Angkatan Udara

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang H.AS Hanandjoeddin Berpeluang Menambah Daftar Pahlawan Nasional dari Angkatan Udara, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel H.AS Hanandjoeddin Berpeluang Menambah Daftar Pahlawan Nasional dari Angkatan Udara dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2017/01/has-hanandjoeddin-berpeluang-menambah.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 6:19:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News