Gempa 4,7 SR Guncang Selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta

Posted by Akurat News on 10:09:00 AM

Gempa 4,7 SR Guncang Selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta

AKURAT NEWS - Gempa berkekuatan 4,7 SR mengguncang wilayah selatan pesisir Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gempa tak berpotensi tsunami.

Berdasarkan informasi dari BMKG, Selasa (15/11/2016), gempa terjadi sekitar pukul 19.41 WIB. Lokasi gempa berada pada koordinat 8,24 LS dan 109,28 BT, tepatnya di tepi utara cekungan busur muka (fore arc basin) Samudra Hindia. Berjarak 64 km arah tenggara Kota Cilacap dan memiliki kedalaman 55 km.

Gempa tersebut berdampak guncangan yang terasa di Cilacap, Kebumen, Purworejo, Wates, Bantul, Yogyakarta, dan Madiun. Menurut laporan yang diterima BMKG, di daerah-daerah tersebut guncanga dirasakan oleh banyak orang.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi ini merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng. Dalam hal ini Lempeng Indo-Australia menyusup ke bawah Lempeng Eurasia dengan laju sekitar 70 mm/tahun mengalami deformasi di zona transisi Megathrust-Benioff pada kedalaman 55 km hingga memicu terjadinya gempabumi," tutur Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Wandono.

BMKG mengimbau masyarakat pesisir pantai selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta agar tetap tenang, karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 20.00 WIB tak tercatat ada gempa susulan. (dtk)

Demikianlah Artikel Gempa 4,7 SR Guncang Selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Gempa 4,7 SR Guncang Selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Gempa 4,7 SR Guncang Selatan Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/11/gempa-47-sr-guncang-selatan-jawa-tengah.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 10:09:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News