Warga Korban Penggusuran: Ahok Bukan Lagi Manusia, tapi Dajjal!

Posted by Akurat News on 8:10:00 AM


AKURAT NEWS - Salah satu perwakilan warga Kampung Akuarium Penjaringan Jakarta Utara, Yati (43) menyesalkan gaya kepemimpinan gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Maaf, ini orang (Ahok) kalau boleh saya bilang bukan lagi manusia, tapi dajjal," kata Yati saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) yang diinisiasi oleh Komnas HAM, Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Pernyataan itu merujuk pada alasan Ahok yang selama ini menuding warga menempati lahan secara ilegal tetapi begitu mudah menyerahkannya kepada pemilik modal atau pengembang.

"Hampir seluruh kasus penggusuran tidak pernah melalui proses musyawarah antara pemerintah dan warga. Di Akuarium Penjaringan, kami sekarang masih tinggal di perahu nelayan yang ada di pinggiran tanggul perairan Sunda Kelapa, dan Ahok tidak peduli," beber dia.

Padahal, menurut Yati, masalah penggusuran bukan saja soal kepemilikan hak atas tanah, melainkan juga sistem sosial yang sudah terbangun, baik berupa suasana persaudaraan, tempat kerja, maupun pertetanggaan yang tidak bisa diterjemahkan dengan cara memindahkan korban penggusuran ke rusunawa.

Selain itu, kata dia, rumah susun warga (rusunawa) yang diberikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta jaraknya terlalu jauh dari tempat mata pencaharian warga.

"Kami ini manusia, punya bangunan sosial berusia tahunan. Anak-anak sekolah disekitar sini, punya jamaah pengajian, mushola, tempat cari makan juga disini. Tetapi kami diusir paksa seperti memindahkan barang," katanya.

"Ironisnya lagi, kami tinggal Akuarium sudah puluhan tahun, beranak pinak disini dari kekek, orang tua, saya dan anak-anak saya semua lahir disini. Tetapi waktu penggusuran kami minta ditunda sampai anak selesai ujian sekolah tidak boleh, minta sampai Hari Raya Idul Fitri juga tidak boleh. Malah besoknya langsung kirim tentara, polisi dan Satpol PP. Ini pemerintah (Pemda) atau penjajah?," cetus Yati.‎

Karenanya, Yati tidak habis pikir dengan setiap penggusuran yang dilakukan Ahok selama ini seperti orang kesetanan. Tanpa mau ‎membuka ruang dialog dan selalu tergesa-gesa.

Tak hanya perwakilan warga Kampung Akuarium Penjaringan, korban penggusuran di Bukit Duri, Kalijodo, Pasar Ikan, dan Kampung Akuarium Rawajati dan lain-lain juga turut hadir dalam FGD tersebut. [ts]

Demikianlah Artikel Warga Korban Penggusuran: Ahok Bukan Lagi Manusia, tapi Dajjal!

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Warga Korban Penggusuran: Ahok Bukan Lagi Manusia, tapi Dajjal!, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Warga Korban Penggusuran: Ahok Bukan Lagi Manusia, tapi Dajjal! dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/09/warga-korban-penggusuran-ahok-bukan.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 8:10:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News