Suasana yang Begitu Hangat dan Akrab, Nunggu Jokowi Aja Sampai Peluk-pelukkan Gini

Posted by Akurat News on 7:27:00 AM




AKURAT NEWS - Suasana hangat nan akrab begitu terasa di rapat kabinet paripurna, kemarin. Sambil menunggu Presiden Jokowi datang, para menteri saling melepas kangen. Mengobrol santai atau sekadar menanyakan kabar. Beberapa menteri bercanda hingga berpelukan.

Sepulang dari luar negeri, Presiden Jokowi langsung mengumpulkan para menterinya. Eks walikota Solo itu sepertinya ingin segera membagikan "oleh-oleh" yang dibawa dari kunjungannya selama menghadiri KTT G-20 di China dan KTT ASEAN di Laos. Rapat paripurna pun digelar. Agendanya khusus untuk membahas hasil blusukan dari China dan Laos.

Rapat paripurna kali ini agak berbeda, tidak digelar di Kantor Kepresidenan tapi di Istana Negara. Mungkin karena banyaknya peserta rapat. Hampir seluruh menteri hadir, mungkin hanya Menteri Agama Lukman Hakim yang absen karena sedang mengurus haji di Arab Saudi. Hadir juga Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan sejumlah pimpinan lembaga ekonomi seperti Kepala KEN Soetrisno Backhir, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.

Rapat digelar pukul 10 pagi. Setengah jam sebelum acara, hampir seluruh menteri sudah berkumpul di Istana Negara. Dandanannya rapi-rapi, berbatik lengan panjang atau berkemeja putih. Seperti biasa, sebelum rapat dimulai, para wartawan diizinkan untuk mengintip jalannya sidang. Sebentar saja. Tak lebih dari lima menit. Usai Jokowi memberi pengantar, para wartawan diarahkan ke luar ruangan. Setelah itu rapat digelar tertutup.

Dan seperti sudah menjadi kebiasaan, sebelum rapat dimulai, para menteri yang hadir saling melepas kangen. Mengobrol santai atau sekadar menanyakan kabar. Dari semua yang hadir, Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti yang terlihat paling atraktif. Dandanannya pun agak berbeda dari yang lain: dress hitam dengan kaca mata. Tangan kanannya menenteng berkas.


Pemilik maskapai Susi Air ini berkeliling, menyapa sana sini. Hampir semua menteri disapa termasuk Panglima TNI dan Kapolri. Nah, giliran menyapa Seskab Pramono Anung, terlihat keduanya mengobrol sedikit lama. Entah apa yang dibicarakan, namun keduanya terlihat tertawa lepas sekali. Terbahak. Malah Pram membalas candaan Susi dengan memeluknya dari belakang. Usai menyapa Pram, Susi lanjut mendekati Luhut Panjaitan. Dari sana keduanya pun terlihat mengobrol. Luhut membalasnya dengan merangkul Susi.

Tak lama kemudian, Presiden datang bersama Wapres Jusuf Kalla. Suasana akrab berganti menjadi serius. Jokowi duduk bersampingan dengan Wapres JK, tepat di bawah lukisan Presiden Soekarno. Di samping kanannya duduk para menteri koordinator: Wiranto, Darmin Nasution, Puan Maharani dan Luhut Panjaitan. Samping kirinya, Pratikno, Pramono Anung, Teten Masduki, dan Sri Mulyani.

Usai rapat, Rakyat Merdeka sempat menunjukkan hasil jepretannya kepada Susi. Melihat foto-foto keakrabannya dengan para menteri, Susi tak protes. Termasuk saat fotonya dipeluk Pramono. Menteri Susi malah tertawa ngakak. "Wah, nanti saya bisa disangka pacaran sama Mas Pram nih," kata Susi, sambil menepuk bahu.

Apa yang disampaikan Jokowi? Dalam pengantarnya, Presiden menceritakan hasil pertemuannya dengan para kepala negara di acara KTT G-20 dan KTT ASEAN. Hasilnya, dia bilang persaingan antar negara saat terlihat sekali makin sengit. Semua negara berlomba-lomba berebut arus investasi dan modal yang masuk ke negaranya masing-masing. Berdasarkan realitas tersebut, Jokowi menginstruksikan kepada jajarannya untuk menentukan arah perekonomian nasional.

Menurutnya, dengan cara itulah Indonesia dapat membangun keunikannya yang sekaligus menjadi keunggulan Indonesia dalam bersaing dengan negara lainnya.

"Ini untuk menyelesaikan masalah ekonomi tanpa harus kejar-kejaran dengan negara lain. Itu yang akan dibahas secara detail dalam rapat hari ini," kata Jokowi.

Setelah memberi pengantar, Jokowi pun memberikan kesempatan kepada JK untuk menyampaikan sejarah perekonomian negara Indonesia dari awal berdirinya Indonesia hingga kini. Para menteri menyimak dengan serius.

Demikianlah Artikel Suasana yang Begitu Hangat dan Akrab, Nunggu Jokowi Aja Sampai Peluk-pelukkan Gini

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Suasana yang Begitu Hangat dan Akrab, Nunggu Jokowi Aja Sampai Peluk-pelukkan Gini, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Suasana yang Begitu Hangat dan Akrab, Nunggu Jokowi Aja Sampai Peluk-pelukkan Gini dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/09/suasana-yang-begitu-hangat-dan-akrab.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 7:27:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News