Kalau Target Tax Amnesty Tak Tercapai, Dirjen Pajak: Saya Pasrah Dihukum Apa Saja

Posted by Akurat News on 3:47:00 AM


AKURAT NEWS - Masa pemberlakukan program pengampunan pajak atau tax amnesty masih akan sampai akhir 31 Maret 2017. Akan tetapi baru berjalan dua bulan, sudah banyak yang meragukan program tersebut sulit mencapai target.

Lewat program ini maka ditargetkan Rp 1.000 triliun uang orang Indonesia yang selama ini di luar negeri akan kembali pulang. Sebanyak Rp 4.000 triliun harta akan dideklarasikan. Lalu dengan tarif yang sudah ditetapkan, maka uang tebusan yang masuk ke negara adalah Rp 165 triliun.

Soal target pajak, memang mengingatkan cerita soal Sigit Priadi Pramudito. Di mana saat jelang akhir tahun lalu, Sigit memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Dirjen Pajak, karena tidak mampu mengejar target penerimaan.

Lalu bagaimana dengan Dirjen Pajak Ken, Dwijugiasteadi? 

"Loh itu terserah pimpinan saya mau dihukum kayak apa, ditembak mati juga nggak apa-apa," tegas Ken, saat ditemui di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Bagi Ken, program pengampunan pajak sudah disepakati bersama antara pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Ken pun siap mengambil posisi untuk disalahkan ketika memang tidak mencapai target.

"Pokoknya kalau tax amnesty berhasil itu keberhasilan semua pihak, tapi kalau gagal saya yang tanggung jawab," ujarnya.

Soal penerimaan pajak tahun ini, sebenarnya memang sudah diperkirakan bahwa tidak akan mencapai target. Di mana ada kekurangan sebesar Rp 219 triliun. Pemerintah melalui Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, juga telah mengambil langkah pemangkasan anggaran belanja.

Akan tetapi memang berbagai hal tetap diupayakan oleh pemerintah. Terutama untuk menyukseskan tax amnesty. Ada beberapa aturan turunan berupa Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dan Peraturan Dirjen Pajak (Perdirjen) yang sudah diterbitkan. Ken masih menaruh optimisme.

"Saya kutip sampai Rp 1.000 triliun (repatriasi), pernyataan dari Apindo sendiri. Mau lah mereka, buktinya minta dibuatkan aturan SPV," tegasnya. (dtk)

Demikianlah Artikel Kalau Target Tax Amnesty Tak Tercapai, Dirjen Pajak: Saya Pasrah Dihukum Apa Saja

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Kalau Target Tax Amnesty Tak Tercapai, Dirjen Pajak: Saya Pasrah Dihukum Apa Saja, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kalau Target Tax Amnesty Tak Tercapai, Dirjen Pajak: Saya Pasrah Dihukum Apa Saja dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/09/kalau-target-tax-amnesty-tak-tercapai.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 3:47:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News