Bandar Sabu Selundupkan Barangnya Lewat Perbatasan Malaysia, BNN: Sabu dan Ekstasi Tak Diminati di Malaysia

Posted by Akurat News on 7:22:00 AM


POSMETRO INFO - Banyak narkotika jenis sabu dan ekstasi yang diselundupkan masuk ke Indonesia merupakan hasil selundupan jaringan internasional yang masuk melalui perbatasan negara tetangga seperti Malaysia. Jadi pertanyaan mengapa negeri jiran tersebut terkesan tidak bisa mencegah penyeludupan narkotika yang berasal dari negaranya masuk ke perbatasan Indonesia.

Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Arman Depari memberikan jawaban bahwa pada dasarnya Malaysia hanyalah negara transit peredaran narkoba jenis sabu dan ekstasi. Adapun Indonesia adalah pasar dari dua jenis narkoba itu, yang sengaja dituju oleh para bandar untuk menjual barang haramnya. 

“Kenapa datangnya dari sana (Malaysia) karena di sana wilayah transit. Dan sabu serta ekstasi ini jarang digunakan di Malaysia, jadi konsumsi untuk penduduk Indonesia,” ucap Arman di kantornya Jalan MT Haryono, Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Di Malaysia jenis narkotika yang digandrungi menurut Arman adalah heroin dan ketamin. Hal ini lah yang juga membuat sabu dan ekstasi lebih banyak dikirim ke Indonesia ketimbang tertahan di Malaysia. 

“Kita di sini heroin dan ketamin kurang begitu diminati. Nah itu perbedaannya,” tuturnya.

Untuk pencegahan, antara petugas Indonesia dan Malaysia sebetulnya sudah kerap melakukan operasi di wilayahnya. Koordinasi juga dilakukan apabila ada kasus yang melibatkan warga negara di masing-masing negara. 

Namun, para pelaku menurut Arman menggunakan pelabuhan-pelabuhan ilegal untuk menyelundupkan narkoba. “Tapi tentu kita tidak tinggal diam, memang pengawasan harus terus kita lakukan terutama di pulau-pulau perbatasan,” tambah Arman. (sn)

Demikianlah Artikel Bandar Sabu Selundupkan Barangnya Lewat Perbatasan Malaysia, BNN: Sabu dan Ekstasi Tak Diminati di Malaysia

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Bandar Sabu Selundupkan Barangnya Lewat Perbatasan Malaysia, BNN: Sabu dan Ekstasi Tak Diminati di Malaysia, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Bandar Sabu Selundupkan Barangnya Lewat Perbatasan Malaysia, BNN: Sabu dan Ekstasi Tak Diminati di Malaysia dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/08/bandar-sabu-selundupkan-barangnya-lewat.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 7:22:00 AM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News