Myanmar Pilih Presiden Baru, Hubungan dengan Indonesia Semakin Intensif

Posted by Akurat News on 9:24:00 PM


Akurat NewsHtin Kyaw merupakan presiden Myanmar dari kalangan sipil pertama sejak puluhan tahun lalu. Duta Besar Indonesia untuk Myanmar, Ito Sumardi, memperkirakan hubungan antara kedua negara akan semakin intensif setelah parlemen Myanmar memilih Htin Kyaw sebagai presiden.

"Hubungan Indonesia dan Myanmar, menurut perkiraan saya, akan semakin intensif. Karena barangkali mereka ingin belajar proses transformasi maupun proses transisi yang berjalan dengan tidak ada gejolak di Indonesia. Kalau di Indonesia kan, meskipun ada gejolak, masih dalam batas-batas kewajaran," ujar Ito kepada wartawan BBC Indonesia, Jerome Wirawan.

Htin Kyaw terpilih sebagai presiden Myanmar melalui sistem voting di parlemen dengan perolehan 360 dari 652 suara.

Dia merupakan presiden pertama dari kalangan sipil setelah selama puluhan tahun Myanmar dikuasai militer.

Menurut Ito Sumardi, belum bisa diketahui apakah militer Myanmar akan menerima dan tunduk pada otoritas sipil di negara tersebut.

"Kita belum tahu sifat militer di sana sama dengan di kita atau tidak. Kalau di Indonesia kan kita sudah punya doktrin bahwa siapapun pemimpin negara kita harus loyal," katanya.

Belum diketahui apakah militer Myanmar akan tunduk di bawah otoritas sipil.

Jadi ada kemungkinan militer Myanmar menunjukkan ketidaksetujuan mereka?

"Pasti akan kita pantau. Apalagi ada satu hal yang menarik bahwa ada indikasi kuat Aung San Suu Kyi itu kemungkinan ingin menduduki posisi sebagai menteri luar negeri. Nah, ini fenomena baru, yang tentunya harus kita lihat, ke arah mana nanti perkembangan Myanmar," kata mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri itu.

Nama Htin Kyaw muncul ketika Partai NLD mengumumkan dua kandidat presiden Myanmar pada 10 Maret lalu.

Dia dikenal sebagai sosok setia yang mendampingi Aung San Suu Kyi. Bahkan, dia kerap terlihat menyupiri Suu Kyi. (dtk)

Demikianlah Artikel Myanmar Pilih Presiden Baru, Hubungan dengan Indonesia Semakin Intensif

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Myanmar Pilih Presiden Baru, Hubungan dengan Indonesia Semakin Intensif, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Myanmar Pilih Presiden Baru, Hubungan dengan Indonesia Semakin Intensif dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/03/myanmar-pilih-presiden-baru-hubungan.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 9:24:00 PM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News