Cegah Penyebaran Flu Burung, Unggas di Jakarta Akan Di-sweeping

Posted by Akurat News on 8:28:00 PM


Akurat News - Puluhan unggas yang mati mendadak di Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, positif virus Avian Influenza (AI) atau flu burung. Suku Dinas Pertanian, Kelautan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Selatan, akan melakukan sweeping unggas untuk mencegah virus ini merebak ke berbagai wilayah.

Kepala KPKP Jakarta Selatan, Kristrisasi Helenandari menjelaskan, untuk melaksanakan tindakan sweeping unggas ini pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat setempat. Dia menyebut tindakan ini sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2007 tentang Pengendalian, Pemeliharaan dan Peredaran Unggas.

Perda DKI Jakarta Nomor 4 Tahun 2007 itu mengatur setiap orang atau badan hukum yang memelihara unggas harus memiliki izin yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas. Dalam Perda tersebut, untuk mengurus izin harus menyertakan izin lingkungan, jenis dan jumlah unggas, bentuk dan luas kandang, denah lokasi kandang minimal berjarak 25 (dua puluh lima) meter dari permukiman. Sanksi bila tidak melaksanakan peraturan ini adalah tindakan penutupan dan penyitaan unggas.

"Kita akan rutin sweeping unggas-unggas. Mau mati atau tidak, kita sweeping di seluruh wilayah, karena sesuai Perda DKI tidak boleh ada unggas di Jakarta kecuali unggas hias seperti ayam kate. Kita juga berkoordinasi dengan aparat setempat untuk pengamanan soalnya virus itu menular pada manusia. Bila positif AI tentu kita eradikasi (musnahkan) dan setelah itu melakukan desinfeksi atau disemprot suci hama," jelas Kristrisasi saat berbincang dengan detikcom, Minggu (20/3/2016).

Dia juga mengimbau masyarakat segera melaporkan ke Dinas KPKP apabila ditemukan unggas mati mendadak. Jangan sampai pemilik unggas berinteraksi langsung dengan bangkai unggas yang mati tersebut.

"Indikasi flu burung (AI) itu mati mendadak tanpa sebab. Kalau ada kejadian itu di sekitar rumah kita jangan dipegang pakai tangan itu berbahaya sebaiknya segera melapor ke dinas," tegasnya. (dtk)

Demikianlah Artikel Cegah Penyebaran Flu Burung, Unggas di Jakarta Akan Di-sweeping

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Cegah Penyebaran Flu Burung, Unggas di Jakarta Akan Di-sweeping, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cegah Penyebaran Flu Burung, Unggas di Jakarta Akan Di-sweeping dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/03/cegah-penyebaran-flu-burung-unggas-di.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 8:28:00 PM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News