Cara Setting Domain id Pada Blogger Menggunakan CloudFlare

Posted by Akurat News on 2:50:00 PM

Cara Setting Domain id di Blogger Menggunakan CloudFlare - Mengawali potingan perdana di blog yang kebetulan sudah menggunakan domain TLD indonesia yakni domain dot id, domain dot id ini merupakan sebuah domain tld terbaru yang dikeluarkan pihak pandi untuk para webmaster indonesia. Maka tak heran jika harga untuk domain id terbilang cukup mahal, namun kebetulan kami mendapat promo dari salah satu hosting di indonesia dengan harga hanya 17.000 saja.
Setelah sukses melakukan order domain di salah satu penyedia layanan dimain dan hosting di indonesia, maka langkah selanjutnya harus kita lakukn agar domain tersebut bisa aktif adalah melakukan setting nameserver dan DNS records pada domain tersebut. Khusus bagi para pengguna nama domain indonesia memang sedikit memiliki kerumitan untuk melakukan setting. Dan kami ini kami mencoba menjelaskan mengenai cara mudah seting doamin id yang akan diparkir di blogspot menggunakan CloudFlare

Langkah pertama
Masuk ke akun blogger, dan pilih blog yang akan anda ganti nama domainnya dengan mengklik menu setting dibagian kiri bawah halaman blog anda, lalu selanjutnya pada alamat nama blog anda terdapat link dibawahnya yang berguna untuk mengganti nama domain blogspot dengan domain pihak ketiga atau domain TLD dan lainnya, link tersebut bertuliskan Setup a 3rd party URL for your blog dalam bahasa inggris, namun jika pengaturan blog anda berbahasa indonesia kira-kira artinga pengaturan untuk manambahkan url pihak ke tiga. Lalu klik link tersebut dan anda akan di arahkan pada halaman url domain yang harus anda isi. lebih jelasnya lihat dibawah ini :

(Klik gambar untuk memperbesar.)
Masukkan nama domain id yang telah anda miliki ke dalam form tersebut dengan menggunakan www pada awalnya. Setelah ini anda akan mendapati pesan error dari blogger, pesan erorr kira-kira seperti ini (We have not been able to verify your authority to this domain. Error 12). lihat gambar ini.
Langkah kedua
Setelah anda mendapati pesan error seperti di atas, biarka saja halaman itu terbuka. Lalu silahkan anda bukan tab pada browser anda dan langsung menuju Cloudflare.com. Pada halaman depan web claudflare silahkan lakukan register atau jika anda sudah memiliki akun di sana berarti silahkan anda klik menu sigin. 
Setelah anda berhasil masuk pada akun cloudflare anda maka pada bagian add website masukkan nama domain id anda form tersebut dan klik scan. Biarkan cloudfale menscane domain anda tunggu beberapa saat. lihat di bawah ini.
Jika proses scane sudah selesai lalu selanjutnya klik saja contonue, maka selanjutnya anda akan dibawa pad ahalaman pengaturan DNS untuk domain id anda. Yang harus anda lakukan anda menambahkan Arecords dengan mengarah pada ip adress milik google berikut ini :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21
Isikan ip tersebut pada form yang tersedia lalu klik add record, masukkan semua ip tersebut sehingga menjadi seperti ini.
Langkah selanjutnya jika semua ip google sudah terimput pada arecord untuk domain anda, maka kemudian tambahkan lagi CNAME pada dns tersebut sesuai dengan CNAME pesan error dari blogger yang sebelumnya. lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.
Masukkan kedua CNAME google seperti pada penjelasan sebelumnya pada dns record tersebut. Setelah selesai maka hasilnya akan terlihat seperti ini.
Selanjutnya klik tombol continue yang ada di bagian bawah form record dns tersebut. Lalu kemudian anda akan dibawa ke halaman Select a CloudFlare Plan, dimana jika anda ingin menggunakan layanan cloudflare secara gratis maka pilih menu free website dan klik contonue, seperti gambar ini.
Kemudian anda akan dibawa pada halaman nameserver cloudflare yang harus anda masukkan pada nameserver domain anda. Anda bisa masuk pada akaun layanan tempat membeli domain lalu rubahlah nameserver default domain anda dengan nameserver yang diberikan cloudflare. Nameserver yang diberikan cloudflare hanya dua alamat, sedangkan secara default nameserver domain sevanyak empat buah. Jadi silahkan hapus semua nameserver default domain anda dan ganti menjadi dua nameserver saja dari cloudflare. seperti ini.
Jika semuanya sudah selesai, maka anda bisa kembali pada halam akun blogger yang sebelumnya masih terbuka, lalu klik tombol save pada halaman perubahan domain blogspot anda. seperti gambar ini.
Jika masih belum berhasil silahkan anda tunggu beberapa saat, biasanya proses perpindahan nameserver dari domain anda memakan sedikit waktu, kira-kira menurut pengalaman kami tidak lebih dari 1 atau 2 jam. Namun jika tak kunjung berhasil, sebaiknya anda hapus dulu nama domain id yang anda masukkan kemudian coba refrees halaman tersebut dan masukkan kembali domain id anda. Sesuai pengalaman maka setting atau parkir domain id di blogspot berhasil.

Sekian ulasan atau cara setting domain id pada blogspot menggunakan CloudFlare, semoga cara ini bisa membantu anda dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya dan mohon maaf jika anda kesalahan kata dalam pengetikan dan harap dimaklumi. Salam akurat.id

Demikianlah Artikel Cara Setting Domain id Pada Blogger Menggunakan CloudFlare

Sekian informasi dan berita dari Akurat News tentang Cara Setting Domain id Pada Blogger Menggunakan CloudFlare, mudah-mudahan informasi dan berita ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk kita semua. Sampai jumpa di berita kami lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Setting Domain id Pada Blogger Menggunakan CloudFlare dengan alamat link http://akuratid.blogspot.com/2016/02/cara-setting-domain-id-pada-blogger.html


Akurat news
New Johny WussUpdated: 2:50:00 PM

Peristiwa

Lainnya »

Kabar Artis

Lainnya »

Berita Terkini

Lainnya »
Akurat News